Doa Masuk dan Keluar Masjid yang di Ajarkan Rasulullah

Salah satu adab yang perlu diperhatikan oleh setiap umat Muslim adalah doa saat masuk dan keluar dari masjid. Hal ini sangat penting karena masjid sebagai

Mr.Ahmad

Doa Masuk dan Keluar Masjid

Salah satu adab yang perlu diperhatikan oleh setiap umat Muslim adalah doa saat masuk dan keluar dari masjid. Hal ini sangat penting karena masjid sebagai tempat ibadah dan rumah Allah yang harus dihormati.

Ketika hendak memasuki masjid, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk membaca doa, begitu juga saat hendak keluar atau meninggalkan masjid. Doa ini merupakan bentuk permohonan agar ibadah yang dilakukan di dalam masjid diterima oleh Allah SWT.

Selain itu, doa-doa yang telah dipanjatkan diharapkan segera dikabulkan oleh Sang Khalik. Doa tersebut cukup singkat sehingga mudah dihafalkan dan dapat diamalkan setiap kali seseorang pergi ke masjid.

Salah satu hadis yang merincikan perintah untuk berdoa ketika masuk masjid adalah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah. Rasulullah SAW bersabda:

“Jika seseorang dari kalian masuk ke masjid, hendaklah dia berdoa: ‘Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk dan terpenjara.’ Kemudian, jika dia shalat, setan berkata, ‘Aduh, tidak ada tempat bagiku dan makanan di sini.’ Dan jika dia tidak shalat, setan berkata, ‘Kamu mendapat tempat untuk bermalam di sini.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Doa Masuk Masjid 

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ، اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Bismillah, wa shallaatu wa salaamu ‘ala Rasulillah. Allahummaf tah lii abwaaba rahmatika.”

Artinya:

“Dengan nama Allah, salam dan shalawat untuk Rasulullah. Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

“Doa masuk masjid” adalah ungkapan syukur dan permohonan kepada Allah SWT ketika seseorang adzan masuk ke dalam rumah-Nya yang mulia, yaitu masjid. Doa ini dimulai dengan menyebut nama Allah, menyanjung-Nya, dan mendoakan keselamatan serta rahmat bagi Rasulullah SAW. Doa ini juga memohon kepada Allah agar membuka pintu-pintu rahmat-Nya bagi yang membacanya. Dengan membaca doa ini, seseorang menyadari kebesaran Allah dan berharap memperoleh berkah-Nya selama berada di dalam masjid.

Masjid bukan hanya tempat untuk melaksanakan shalat, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan refleksi spiritual. Oleh karena itu, doa masuk masjid mencerminkan niat suci untuk mendekatkan diri kepada Allah dalam keheningan masjid.

Doa Keluar Masjid 

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

“Bismillahi wa as-salatu wa as-salamu ‘ala rasulillah, Allahumma inni as-aluka min fadlika.”

Artinya:

“Dengan nama Allah, semoga shalawat dan salam tercurah kepada Rasulullah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari limpahan karunia-Mu.”

“Doa keluar masjid” adalah ungkapan syukur dan permohonan kepada Allah SWT setelah selesai beribadah di dalam masjid. Dalam doa ini, seseorang kembali menyebut nama Allah, menyanjung-Nya, dan mendoakan keselamatan serta rahmat bagi Rasulullah SAW. Kemudian, doa ini meminta kepada Allah agar melimpahkan kebaikan-Nya kepada yang membacanya.

Doa ini mencerminkan rasa rendah hati dan kesadaran akan kebutuhan akan karunia Allah. Saat meninggalkan masjid, seseorang diharapkan membawa keberkahan dan kebaikan yang diperoleh selama berada di dalam masjid. Doa ini juga menjadi bentuk permohonan agar amal ibadah yang dilakukan diterima oleh Allah dan dapat membawa manfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan Doa Masuk Masjid

Seperti doa pada umumnya, doa saat masuk dan keluar masjid memiliki beberapa keutamaan yang perlu diketahui oleh umat Muslim. Keutamaan tersebut antara lain:

Didoakan oleh Para Malaikat

Keutamaan pertama adalah doa tersebut akan didoakan oleh para malaikat. Rasulullah SAW pernah menyatakan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, bahwa ketika seseorang memasuki masjid, malaikat akan mendoakannya selama berada di dalam masjid.

Mendapatkan Pahala dan Menghapus Dosa

Membaca doa masuk dan keluar masjid sesuai sunnah akan mendatangkan pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW juga menyatakan bahwa orang yang memasuki masjid dengan niat baik akan mendapatkan satu kebaikan dan satu dosa akan dihapuskan.

Mendapatkan Perlindungan dari Allah SWT

Membaca doa ini juga memberikan keutamaan berupa perlindungan dari Allah SWT. Rasulullah SAW menyebut dalam hadits bahwa tujuh golongan akan mendapat naungan Allah, termasuk di antaranya adalah orang yang hatinya selalu terikat dengan masjid.

Memohon Keberkahan dan Hidayah

Keutamaan terakhir adalah permohonan kepada Allah agar senantiasa memberikan keberkahan dan hidayah. Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Rasulullah SAW mengajarkan doa agar Allah membuka pintu-pintu rahmat-Nya dan melimpahkan ilmu.

Mengamalkan doa masuk dan keluar masjid tidak hanya memberikan pahala, tetapi juga membantu menghapus dosa, memberikan perlindungan, serta memohon keberkahan dan hidayah dalam setiap langkah kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, penting bagi setiap Muslim untuk membaca doa ini sesuai sunnah dan menjadikannya sebagai bagian dari ibadah yang khusyu.

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer