Doa naik Kendaraan Beserta Artinya

Keluar rumah adalah aktivitas yang umum dilakukan setiap hari. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita lupa untuk mengingat Tuhan dalam setiap langkah yang kita ambil.

Mr.Ahmad

Doa naik Kendaraan Beserta Artinya

Keluar rumah adalah aktivitas yang umum dilakukan setiap hari. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita lupa untuk mengingat Tuhan dalam setiap langkah yang kita ambil. Doa keluar rumah menjadi sebuah amalan kecil namun sangat bernilai, mengingatkan kita untuk selalu menyadari keberadaan-Nya dalam setiap aspek kehidupan. Artikel ini akan membahas makna doa keluar rumah, keutamaan yang terkandung di dalamnya, serta bagaimana doa tersebut dapat menjadi Pedoman kita dalam menjalani keseharian.

Doa ini bukan hanya sekadar rangkaian kata-kata, tetapi merupakan ungkapan syukur, permohonan perlindungan, dan niat baik dalam setiap langkah yang akan diambil. Dengan mengucapkan doa ini, seseorang diingatkan bahwa hidup ini adalah perjalanan yang penuh ujian, dan keberhasilan dalam setiap langkahnya hanya dapat dicapai dengan izin dari-Nya.

Doa keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allahi, la hawla wala quwwata illa billah.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa naik kendaraan

بِسْمِ اللهِ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَٰذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَىٰ رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ

“Bismillahi allathee sakhkhara lana hadha wama kunna lahu muqrineen, wa inna ila rabbina lamunqaliboon.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang menyertainya, kami naik kendaraan ini, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Keutamaan Doa Keluar Rumah

Doa keluar rumah bukan hanya kewajiban, tetapi juga sebuah amalan yang memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya kemudian mengucapkan Bismillah, tawakkaltu ‘ala Allah, laa haula wa laa quwwata illa billah, maka akan dikatakan kepadanya: Kau telah mendapat petunjuk, dijaga, dan dijauhkan dari setan.” (HR. Abu Dawud). Dari hadis ini, kita dapat memahami bahwa doa keluar rumah tidak hanya memberikan perlindungan, tetapi juga petunjuk dan kekuatan spiritual dalam menghadapi setiap peristiwa di luar rumah.

Tidak hanya itu, membaca doa perjalanan saat naik mobil dengan kalimat “Bismillahi tawakkaltu” juga diyakini dapat membantu seseorang terhindar dari kejahatan ketika meninggalkan rumah. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali umat manusia tidak mengetahui apa yang akan terjadi di luar rumah dan apa saja yang mungkin dihadapi di perjalanan.

Oleh karena itu, dengan membaca doa perjalanan “Bismillahi tawakkaltu” sebelum meninggalkan rumah dan naik mobil, seseorang memohon perlindungan dari Allah dan meyakinkan diri bahwa segala sesuatu berada di bawah pengawasan dan kehendak-Nya.

Tags

Related Post

Leave a Comment

Ads - Before Footer